Rabu, 18 Januari 2017

Bisnis Oriflame HaLAL?

Ngomongin halal dan haram berat ya, tapi gak ada salahnya untuk belajar dan dibaca :)
Ngomongin halal haram juga harus pakai rujukan, tidak boleh asal interpretasi. Rujukannya apa dong untuk menilai halal atau haram sebuah bisnis MLM? Buat kita umat muslim, rujukannya sudah jelas yaitu Al Qur'an dan Hadist. Jika ilmu kita belum cukup untuk menafsirkan isi Al Qur'an dan Hadist ada satu lagi rujukan yaitu Ijma' ulama melalui fatwa MUI - Majelis Ulama Indonesia. MUI mengeluarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) ditandatangani 25 Juli 2009. Softcopy fatwa tersebut bisa didownload di url: http://hukum.unsrat.ac.id/inst/dsn2009_75.pdf Saya ingin menyuplik konten dari link diatas sebagai bahan belajar saya, dan saya bandingkan dengan aktivitas dalam menjalankan bisnis MLM bersama Oriflame. Menurut fatwa MUI ada 12 poin yang harus dipenuhi sebelum sistem MLM tersebut dikatakan halal, antara lain :
Adanya objek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa
Oriflame: Produk Oriflame jelaaas banget real yah :) coba kita telusuri :
Shampoo, sabun, odol, parfum, skin care, bahkan sampe minuman kesehatan nutrishake apa iyaaaaa ini tidak REAL? :)
Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram
Oriflame:
Banyak sih yang nanya gini “emangnya Oriflame produknya HALAL yah?” Memang hingga saat ini oriflame belum memiliki label halal pada semua produknya (alias di tempel satu satu gitu ya) Kenapa? Salah satu jawaban yang ku dapat adalah produk Oriflame sangaaaaat banyak variannya, sehingga untuk menuju sertifikasi HALAL dari MUI misalnya, butuh proses yang sangat panjang, harus ditelisik satu satu prosesnya, bahannya dan lain sebagainya. Nah mungkin proses tsb sangat panjang dan butuh waktu di Indonesia (bukan berarti Oriflame gak jalanin lho ya, hal ini sedang dalam prioritas untuk di lakukan kok :))
TAPIIII..... Kok bisa Oriflame masuk dengan mudah dan berjaya di Arab saudi (Egypt) sana? kalau memang produknya “maaf” haram? Oriflame perusahaan penuh etika kok, dia tau untuk membangun bisnis jangka panjang dan bisa dijalani dengan tenang oleh seluruh warga dunia apapun agamanya, maka Oriflame berusaha mencari jalan yang aman namun tetap dengan inovasi terbaik. Buktinya semua produk di buat dari bahan bahan yang alami, aman kok! :)

Nah yang mudah di cek cek salah satu nya nutrishake makannya alhamdulillah nih udah ada label halal nya hehehehehehe


Kalo ada yang kekeuh jugaaaa kudu di cap label halal di setiap produk Oriflame yaaaaah.... Coba di cek dulu deh sabun di kamar mandi nya, ada label halal semua gaak? Banyak juga kok produk lokal yang gak pakai label halal, karena memang dibuat dengan bahan alami yang tidak haram :)
Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur garar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat
Oriflame:
Garar (penipuan) ada gak jual oriflame dengan cara menipu? Hehe gimana yaa nipu nya :( jelas tertulis harga di katalog sekian, jelas tertulis diskon untuk reseller sekian, gak ada yang “abu abu” kok semua jelas tertulis :)
Maysir (JUDI) misalnya yang mencapai omset sekian akan dapat mobil jenis xxx tapi belom pasti yah, nanti di kabarin lagi. Pas udah mencapai omset yang di inginkan si empunya perusahaan malah ngaish target yang lebih tinggi tapi mobilnya gak di kasih kasih, atuh kapan dapetnya? Ini adalah semacam award/reward yang TIDAK PASTI. Sementara di Oriflame, semuanya udah di atur di success plan kok, level diamond ya cash awardnya 42 juta, level senior diamond cash awardnya 56 juta. Sampai di level tersebut? Uang di transfer. Beres. Sah kan?
Riba (penggandaan) Jual beli di Oriflame SESUAI dengan ketetapannya kok, harga lipstik 50.000 ya di bayar 50.000 gak di lebih lebihin. Kalaupun ada pelaku riba, misal jual lipstick Oriflame harga 50.000 nyicil 2 bulan jadi harga 75.000, itu siapa yang nanggung dosanya? Ya yang jualan dengan cara begitu ehehehe, jangan yaaaaah jualan dengan cara ginih, mau jualan oriflame atau yang lain sama aja gak boleeeee
Dharar (membahayakan) dari segi mana Oriflame membahayakan ? Hihihi Insya Allah amaaaan yah, aku memakai produk Oriflame udah kurang lebih sekitar 10tahun- an dan aku udah bisnis oriflame 6 bulan alhamdulillah hidup semakin baik dari tahun ke tahun kok :)
Dzulm (zalim) termasuk mengada ngada, zalim pada orang lain, menempatkan sesuatu ga pada tempatnyaa gitu looo, misalnya ngaku ngaku ARTIS TERNAMA join bisnis yang kita jalani padahal si artis itu tidak bergabung melainkan hanya mengonsumsinya saja (atau bahkan hanya di endorse) kasian kan artisnya dituduh gitu hehe kecuali ada pengumuman valid dari artis itu bahwa dia emang beneran jalanin bisnis nya ya :D Kalo di Oriflame sendiri brand ambassadornya emang Rossa hehehe dan Rossa ini fix ya cuma brand ambassador dan user produk Oriflame, tapi gak jalanin bisnis nya (kembangin jaringan pemasaran)
Maksiat. :( syerem. Di Oriflame yah ada seminar director, nginep di hotel bintang 5, dalam hal ini aja oriflame teges banget memastikan ga ada room mate yang bukan mahram nya bahkan di usahakan peserta perempuan ya dengan perempuan ga akan di pasangkan dengan lelaki. Budaya ketimuran dan etika masih banget di junjung kok di Oriflame :) Insya Allah deh gak ada perbuatan maksiat dalam bisnis Oriflame.
Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh
Oriflame
Setiap penjualan dari konsultan ke konsumen, konsultan mendapat keuntungan langsung 30% dari harga katalog. Di setiap edisi katalog harga satu produk yang sama bisa berubah mengikuti promo atau strategi marketing dari Oriflame.
“Body cream Oriflame 85.000? mahal amat! Yang di iklan TV cuma 30.000 udah dapet banyak, wajar lah komisinya di bagiin ke member nya sih.” ini kata salah satu orang yang “belum paham” soal KUALITAS produk. Kira kira, anak ayam bisa dibandingkan dengan anak elang nggak? Jelas beda :) jadii yah jangan doong bandingin Oriflame sama produk yang engga sekelas. Di dunia ini baik produk maupun jasa tidak ada yang 100% cocok sama semua manusia. Jadi kalo ada 1-2 produk oriflame yang gak cocok sama kita, bukan berarti produknya jelek semua dong ya :) coba bandingin sama produk import yang ada di mall, Oriflame jauh lebih murah lho! :)
Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi keja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS
Oriflame:
Bonus atau yang bisa disebut gaji adalah murni dari omset pribadi dan group dengan skema bagi hasil yang sudah diatur oleh manajemen Oriflame. Skema bagi hasil atau bahasa kerennya Marketing Plan bisa dibaca detil di buku “Success Plan Leader Edition”. Oriflame juga secara berkala mengadakan training cara menghitung bonus. Tidak ada bonus rekrut di Oriflame. Mempunyai 1000 downline sekalipun, jika tidak ada omset penjualan (tutup poin) maka tidak akan ada bonus yang ditransfer. Fair kan? Ada jualan, ada keuntungan :)

Yang menjadi TIDAK BAIK adalah jika kita dapat uang dari orang yang kita rekrut, semacam member get member, artinya kita dapat bonus dari UANG YANG DISETOR oleh orang yang kita rekrut, ini dia yang namanya money game, sementara oriflame tidak begitu :)
Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaanperusahaan


Oriflame
Bonus atau gaji dari Oriflame yang diterima oleh tiap-tiap leader setiap bulan sudah jelas cara penghitungannya. Penghitungan tersebut (marketing plan) dijelaskan dengan detil didalam training baik yang diselenggarakan oleh Oriflame maupun group-group leadernya. Juga tertera dalam buku “Success Plan Leader Edition”. Bonus berupa perjalanan dalam atau keluar negeri seperti Director Seminar, Gold Conference, Diamond Conference, dan Executive Conference juga sudah jelas target dan cara menghitung pencapainnya. Tools untuk memonitor target tersebut juga disediakan.
Gak pernah seumur umur bisnis oriflame ada cerita bonus gak di transfre atau bonus di transfer gak sesuai dengan yang di kita hasilkan, oriflame selalu FAIR bahkan pentransferan bonus telat sedikit saja, langsung ada pemberitahuan lho :)
Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa
Oriflame
Yang kami Oriflamers lakukan tiap bulan adalah tupo (tutup poin), rekrut, bina. Tupo: target omset penjualan tiap-tiap konsultan, ya namanya juga bisnis kalau tidak ada penjualan bukan bisnis namanya. Rekrut dan Bina: membentuk tim dan jaringan pemasaran serta melakukan pembinaan via online atau offline training. Trainingnya juga beragam, mulai dari product knowledge, cara berjualan, cara rekrut, cara berpromosi di internet, memotivasi diri sendiri serta downline, dan banyak lagi.
Lagian apa bedanya dengan bisnis franchise? Saya punya ayam bakar enak cabang ciputat, biar gede saya ajak temen saya jadi mitra dan buka ayam bakar enak cabang pamulang, lalu ada teman lagi saya ajak investasi jadi mitra buka ayam bakar enak cabang daan mogot, dari hasil setiap cabang saya dapat persenan karena saya punya merk punya sistem punya PEMBINAAN (ingeet koki, karyawan dan sistem keuangan kan juga kudu di ajarin, sama kayak oriflame lah ada kok trainingnya) dengan begini akan ada suatu hari dimana saya bisa menikmati hasil kerja keras saya membangun cabang cabang bisnis dimana mana :)
SAMA KAN SAMA BISNIS ORIFLAME? Bedanyaaa.. anda gak perlu buka TOKO dengan modal juta jutaaaan dan takut bangkrut kalo toko anda gak laku dan gak balik modal, gabung Oriflame nya aja cuma puluhan ribu, katalog cuma 6000 - an perak kok gaknada resiko bangkrut kan? :) Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan igra’
Igra’ ini maksudnya iming-iming yang berlebihan, berlebihan disini sifatnya memang relatif sekali.
Oriflame
Iming-iming hadiah, atau reward baik berupa uang tunai maupun mobil bisa untuk memacu prestasi kerja para konsultan. Hayo siapa yang gak seneng direkognisi ketika mencapai title tertentu? Anak-anak saja seneng direkognisi ketika bisa berprestasi disuatu lomba, ya kan?
Reward dari Oriflame ini riil dan positif. Cash award bisa digunakan untuk biaya umrah orang tua, atau membantu biaya sekolah adik. Reward berupa kendaraan akan sangat menunjang mobilitas dalam mengembangkan bisnis. Tidak ada reward dari Oriflame yang sia-sia, semuanya bermanfaat. ----YES!---
Gini mbak mas.. kalo misal iming iming nya ini LEBAY, tidak masuk akal, dan membuat orang mikir “gimana buat dapetinnya” tapi kayaknya gak ada jalannya, ini yang di maksud Igra. Sementara di Oriflame, orang ngimpi punya CRV baru itu ada lho caranya.. Di kasih tau lho dengan jelas harus ngapain.. Bahkan ada mentornya. Udah mau 100 orang pemilik CRV dari Oriflame di Indonesia, kalo memang memiliki CRV ini sulit pastilah hanya segelintir yang bisa punya :)
Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya
Oriflame
Oriflame memiliki sistem yang disebut SARPIO - Sales And Recruitment Process In Oriflame. Jueeelaaaassss bingittssss lah pokoknya tenang ajaaa, emang sebaiknya pelajarin yuk bisnis plan nyaa biar ngertii :)
Oriflame Academy based on SARPIO. Ada pembagian job desc di tiap level Di bisnis Oriflame tidak ada istilah posisi menentukan prestasi. Yang bergabung belakangan sangat mungkin menyalip level dan pendapatan leader yang bergabung diawal. Setiap awal bulan poin dan pencapaian bulan sebelumnya direset kembali ke 0. Kerja keras dan kerja cerdas yang menentukan yang menentukan.
Sistem perekrutan keanggotaan , bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah, dan ahlak mulia seperti syirik, kultus, maksiat, dan lain-lain
Oriflame
Setiap awal bulan Oriflame mengadakan Leaders Meeting, acaranya berupa launching katalog, informasi promo bulan terkait, dan rekognisi bagi para leader yang mencapai level tertentu. Apakah ada kultus individu? Sama sekali tak ada! Yang ada hanya perasaan salut dan terinspirasi kepada para leader yang berhasil naik level. Melihat perjuangan mereka dalam cuplikan video dan testimoni. ---YES BENER BANGET---
Coba deh dateng ke acara oriflame, isinya banyak motivasi dan cerita cerita orang yang from zero to hero, gak ada kok semacam “brain wash” yang mengerikan, bahkan sampe bawa bawa agama hiks.. atau sampe bikin seorang anak berbohong (make uang sekolah untuk jalanin oriflame dan ortunya marah marah) suweeer ga ada di ajarin gini di Oriflame. Dalam semua pertemuannya Oriflame bersifat umum kok, ga percaya? dateng aja ke pertemuannya :)
Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut
Oriflame: sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi leader oriflame yang namanya membina dan mengawasi. Membina dengan melakukan training dan menyemangati online maupun offline kepada leader didalam jaringan. Mengawasi contohnya: mengingatkan downline ketika ada poin minus atau orderan yang tidak terbayar. Mengawasi ketika ada lonjakan poin yang 'fiktif' ketika tupo akhir bulan. Mengawasi kegiatan downline agar selalu dalam koridor kode etik group maupun Oriflame. --INDEEED!--
Tenang yah Oriflame berjalan pakai kode etik, gak boleh double membership, ga boleh ngambil ngambil jaringan orang lain, ga boleh melakukan order fiktif dan laain sebagainya. Ini membuktikan bahwa bisnis Oriflame adalah bisnis yang real jangka panjang dan terus berkembang :)
Tidak melakukan kegiatan money game

Money game didefinisikan sebagai : kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil perekrutan/ pendaftran Mitra Usaha yang baru/bergabung kemudian, dan bukan dari hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang dijual tersebut hanya kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yg dapat dipertanggungjawabkan.
Oriflame: tidak ada money game dalam bisnis Oriflame. Oriflame menjual langsung produknya kepada konsumenya melalui konsultan-konsultannya. Tidak mengikuti rantai distribusi seperti dealer - sub dealer - reseller. Bonus bagi konsultan Oriflame didapat dari omset penjualan dalam jaringan/group. Di Oriflame tidak ada bonus rekrut, bonus pasangan, atau yang sejenis. Punya banyak downline tapi tidak ada omset atau tidak tupo, ya tidak ada bonus. ---INI MAH UDAH JELAS LAH!--- :D Merujuk pada 12 poin fatwa MUI diatas, kemudian dicocokkan dengan aktivitas di bisnis Oriflame yang saya jalankan, rasanya tidak ada aktivitas bisnis di Oriflame yang bertentangan dengan poin-poin diatas. Jika ada yang bilang MLM Oriflame haram harus dikonfirmasi dengan rujukan diatas.





Referensi dan bahan bacaan : 
2. Sumber awal dari blog salah satu leader Oriflame yaitu mba Yulia

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus